Home Uncategorized UINSU dan DPRD Sumut Perkuat Sinergitas

UINSU dan DPRD Sumut Perkuat Sinergitas

by Redaksi

 

HARIAN MEDAN (MEDAN) – Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr Syahrin Harahap, MA melakukan kunjungan kerja ke gedung DPRD Sumut dalam rangka memperkuat sinergitas institusi pendidikan tinggi keagamaan ini dengan lembaga perwakilan rakyat tersebut, Senin (31/05/21).

Pada kesempatan tersebut, Rektor UINSU bertemu langsung Ketua DPRD Sumut, Drs Baskami Ginting menyampaikan perkembangan terbaru sekaligus menjalin kerjasama yang lebih kuat lagi ke depannya.

“UINSU saat ini berada pada pada situasi perkembangan yang menggembirakan,” ujar Syahrin di Gedung DPRD Sumut.

Pada kesempatan tersebut, Syahrin menjelaskan bahwa UINSU saat ini memiliki 6 kampus yakni di kampus Jalan IAIN, Sutomo Medan; kampus II Jalan Willem Iskandar; kampus IIi Jalan Pondok Surya; kampus IV Desa Durin Jangak, Tuntungan; kampus Desa Sena, Deliserdang (proses pembangunan) dan kampus Tebing Tinggi.

“Kami menerima hibah dari Pemko Tebing Tinggi fasilitas lahan dan gedung kampus untuk dijadikan cabang Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) nantinya,” urai Rektor.

Dalam pertemuan itu, Rektor UINSU juga mengajak agar DPRD dan UINSU mampu bekerjasama dalam berbagai bidang seperti, Integrasi ilmu guna menunjang kualitas SDM di Sumatera Utara.

Kemudian, kerjasama penguatan moderasi beragama, penguatan etika politik dan demokrasi di kalangan politisi Sumatera Utara serta mengundang anggota DPRD Sumut untuk mengikuti sekolah politik yang ada di UINSU.

“Saya yakin Ketua DPRD yang dikenal dekat dengan pendidikan dan umat dapat mendorong pencapaian visi misi UINSU sebagai pusat integrasi ilmu, moderasi beragama dan pemberdayaan umat,” tukas Syahrin.

Jalin Kerjasama dan Ajak Pakar UINSU

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting menyampaikan bahwa UINSU mengalami kemajuan yang siginifikan. “Dengan kampus dan jumlah mahasiswa yang mencapai 30.000, itu adalah salah satu kekuatan besar untuk mendorong kemajuan Sumut,” katanya.

Apa yang disampaikan Rektor, kata Baskami, merupakan sesuatu yang baik dan ke depannya dapat ditindaklanjuti dengan pembuatan perjanjian kerjasama. “Saya pikir ini adalah sesuatu yang baik dan harus segera kita laksanakan,” tegasnya.

Baskami menambahkan, pihaknya juga berharap para pakar dan ahli dari UINSU bisa lebih terlibat lagi dalam penyusunan Perda Sumatera Utara yang disusun DPRD Sumut.

“Semakin banyak yang mendampingi dan beri masukan pada kami, akan semakin baik. Saya apresiasi pertemuan ini Pak Rektor. Saya harap rencana kerjasama ini bisa direalisasikan untuk kemajuan Sumut,” bebernya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, Wakil Rektor II UINSU, Dr Hasnah Nasution, serta kepala biro AAKK UINSU Dr Dur Brutu.(*)

Baca Berita Lainnya