Home Pendidikan LPM USU Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Pembuatan Joran Tempahan

LPM USU Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Pembuatan Joran Tempahan

by Redaksi

HARIAN MEDAN (SERDANG BEDAGAI) – Lembaga pengabdian masyarakat Universitas Sumatera Utara melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Jambur Pulau Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai dengan tema “Pelatihan Pembuatan Joran Tempahan (Custom) Bagi Pemuda Usia Produktif “. Pengabdian kepada masyarakat tersebut di ketuai oleh Dr. Hatta Ridho, S. Sos., MSP dan Husni Thamrin, S. Sos., MSP sebagi anggota. Pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai wujud dari pelaksaan Tridharma perguruan tinggi yaitu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat hususnya untuk pemberdayaan pemuda.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama tiga tahap dimana tahap pertama dimulai pada tanggal 8 Agustus 2021 dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh bapak kepala desa Jambur Pulau yaitu Selamat dan sekretaris desa yaitu Indramansyah dan dipandu oleh instruktur yang bernama Fadli Irvana.

Pada pelatihan tahap pertama dilaksanakan untuk sosialisasi alat dan bahan yang diperlukan kemudian dilanjutkan penjelasan dari instruktur mengenai prospek dan perkembangan dalam pembuatan joran tempahan (custom). Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2021, pada tahap kedua ini dilaksanakan proses pengerjaan pembuatan Joran tempahan (custom). Dalam pelatihan tersebut Fadli Irvana selaku instruktur menjelaskan dan mempraktekkan secara bertahap proses pembuatan joran yang diikuti oleh peserta pelatihan. Tahap ketiga dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2021, pada tahap ini merupakan tahap finishing dalam pembuatan joran tempahan (custom).

Dapat dilihat dalam pelatihan tersebut antusias peserta sangat tinggi, terbukti dengan semakin bertambahnya peserta pada setiap tahapannya, dalam proses pelatihan terlihat juga banyak peserta yang bertanya. Besarnya minat peserta juga terlihat dari keseriusan dalam memperhatikan setiap proses pembuatan joran yang di praktikkan oleh instruktur.

Kegiatan pelatihan ditutup dengan Pemberian bantuan berupa alat dan bahan untuk operasional pembuatan joran, terlihat juga joran yang telah selesai hasil buatan para peserta. Salah seorang peserta bernama Rudi mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah keahlian dan dapat juga dijadikan peluang di sektor usaha.

Baca Berita Lainnya