Home Uncategorized LPM USU mengadakan pemberdayaan pemuda untuk menumbuhkan semangat entreprenuership

LPM USU mengadakan pemberdayaan pemuda untuk menumbuhkan semangat entreprenuership

by Redaksi

HARIAN MEDAN (DELI SERDANG) Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Talun Kenas Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang dengan tema “Pemberdayaan Kelompok Pemuda Produktif Berbasis Asset Dalam Usaha Membentuk Usaha Bersama”. Pengabdian kepada masyarakat tersebut di ketuai oleh Dr. Nurman Achmad, S.Sos., M.Soc.Sc dan Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP sebagai anggota. Pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai wujud dari Tridharma perguruan tinggi yaitu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat khususnya untuk pemberdayaan pemuda dalam menumbuhkan semangat entrepreneurship.

Kegiatan pemberdayaan kelompok pemuda tersebut berupa seminar tentang entrepreneurship sebagai upaya dalam menumbuhkan semangat usaha dan dilanjutkan dengan pelatihan sablon digital  yang merupakan salah satu contoh bidang usaha yang dapat di jadikan sebagai usaha bersama. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 28 Agustus 2021 dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Talun Kenas yaitu Mahmuddin Barus, Lc dan Sekretaris Desa yaitu Anto Alexander S. Sitio dan dipandu oleh instruktur bernama Mikross yang merupakan pemilik bengkel sablon Cross Screen Grafx yang berada di Jl. Jermal VII No. 11-B Medan Denai.

Seminar entrepreneurship dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat usaha khususnya untuk para pemuda agar menjadi pemuda produktif yang dapat menghasilkan sebuah karya. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sablon digital yaitu sosialisasi alat yang digunakan, teknik dasar membuat desain untuk sablon, dan penggunaan alat sehingga para peserta dapat melakukan sablon baju dengan cara digital. Dalam pelatihan tersebut Mikross selaku instruktur menjelaskan dan mempraktekkan secara bertahap proses sablon baju secara digital yang diikuti oleh peserta pelatihan.

Dapat dilihat dalam pelatihan tersebut antusias peserta sangat tinggi, terbukti dengan semakin bertambahnya peserta mulai dari pembukaan hingga penutupan, dalam proses pelatihan cukup banyak peserta yang melontarkan pertanyaan. Besarnya minat peserta juga terlihat dari keseriusan dalam memperhatikan setiap proses sablon baju secara digital yang dipraktekkan oleh instruktur.

Kegiatan pelatihan di tutup dengan serah terima baju hasil sablon yang dibuat oleh masing-masing peserta. Kepala Desa Talun Kenas Bapak Mahmuddin Barus, Lc mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa usaha bagi anak muda dan dapat di jadikan peluang usaha dikarenakan pada Desa Talun Kenas maupun beberapa Desa terdekat belum ada usaha sablon, terkhusus sablon digital.

Baca Berita Lainnya