Home Pendidikan Pramuka USU Gelar Latihan Gabungan Protokoler

Pramuka USU Gelar Latihan Gabungan Protokoler

by Redaksi


HARIAN MEDAN (MEDAN) : Gugus Depan Medan 08-137 dan 08-138 Pramuka Universitas Sumatera Utara melalui Reka Jurnalistik, Humas, dan Protokoler (Junhaspro) menggelar Latihan Gabungan Orientasi Keprotokoleran pada Rabu, 22 Desember 2021 di Aula Ex-LPPM USU, Jl. Dr Mansyur dengan peserta berasal dari utusan Kwartir Ranting dan Gugus Depan Pramuka Perguruan Tinggi se-Kota Medan. Bertindak sebagai narasumber pada Latgab Orientasi Protokoler ini adalah Kepala Pelayanan Markas Polda Sumatera Utara AKBP Dr. JHS. Tanjung, M.H.

Mewakili Wakil Rektor I USU, Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan Imam Bagus Sumantri S.Farm., M.Si, Apt membuka kegiatan secara resmi. Hadir juga Ketua Gugus Depan Medan 08-137 Dr. Ahmad Delianur Nasution, ST, MT, IAI, AA, IAP, Rusli Harahap, dan Samwidy Arimbi, S.Sos.

Wakil Rektor I USU dalam sambutannya yang dibacakan oleh Imam Bagus menyebut bahwa protokoler sangat melekat dengan dunia kepramukaan. “Salah satu usaha peningkatan kualitas adalah dengan melakukan peningkatan kapasitas peserta didik dengan serangkaian pengetahuan. Pengetahuan mengenai keprotokoleran merupakan salah satu keterampilan yang sering berkenaan dengan dunia kepramukaan,” sebutnya.

Dr A Delianur Nasution juga menyebutkan hal yang senada bahwa Latgab protokoler ini merupakan hasil pengembangan inovasi dalam Gerakan Pramuka. “Gerakan Pramuka hadir untuk memberikan solusi sebagai wadah peserta didik dalam berkeasi, berinovasi, dan berkembang. Latihan Gabungan: Orientasi Protokoler pada hari ini merupakan salah satu bentuk pengembangan kreasi dan inovasi tersebut,” ujarnya.

AKBP JHS Tanjung selaku narasumber Latgab mengatakan protokol terbagi kepada dua jenis. “Protokol itu ada dua, ADC atau Ajudan yang berkaitan langsung dengan pimpinan termasuk urusan pribadi dan khusus, sementara Protokoler berkaitan dengan apa dan bagaimana teknis acara yang akan diikuti oleh pimpinan.”

Dalam menyampaikan materi keprotokoleran, narasumber melakukan praktik serta juga menyampaikan beberapa tips dan trik terkait tugas sebagai seorang protokoler, apalagi protoler di lingkungan lembaga dan instansi pemerintah.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama jajaran pembina Pramuka USU serta seluruh peserta Latgab Orientasi Protokoler. (RZ)

Baca Berita Lainnya