Home Daerah Dihadiri Kasatkornas, PKD Ranting Desa Bakal Julu Resmi Dibuka Bupati Dairi

Dihadiri Kasatkornas, PKD Ranting Desa Bakal Julu Resmi Dibuka Bupati Dairi

by Redaksi

HARIAN MEDAN (DAIRI) : Ranting Ansor Desa Bakal Julu Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), bertempat di MDA Ali Imran Namontrep I Desa Bakal Julu. Ranting Ansor yang diketuai oleh Syafi’i Pasaribu tersebut menghadirkan sekitar 50 orang peserta untuk mengikuti pelatihan, Rabu (9/02/2022).

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dihadapan Pengurus PW GP Ansor Sumut, Ketua PCNU Dairi, Tuppak Padang, S.Ag, M.Pd, Kakan Kemenag Dairi yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, Mahdi Kudadiri, S.Pd.I, MM, Ketua MUI Kab. Dairi, Wahlin Munthe, SH, MM, Ketua KPU Dairi yang diwakili oleh Komisioner Bidang Program dan Data, Hartono Maha, S.Pd.I, Camat Siempat Nempu Hulu, Sekretaris Desa Bakal Julu, BKM Desa Bakal Julu, jajaran Pengurus Ansor dan Banser Dairi beserta seluruh undangan yang hadir.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dihadiri langsung oleh Komandan tertinggi Banser Nasional Hasan Basri Sagala. Kasatkornas Banser Republik Indonesia tersebut tiba sekitar pukul 19.00 yang disambut langsung oleh Ketua PC GP Ansor Dairi Kamidun Solin, S.Pd.i, M.Pd., beserta jajaran pengurus Ansor dan Banser dari tingkat cabang sampai ke tingkat ranting. Teriakan yel yel menghujani kedatangan Kasatkornas, sebagai bentuk kebanggan dan rasa haru seluruh kader atas kedatangan Komandan Hasan.

Kasatkornas Banser menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Pelatihan ini, agar peserta pelatihan mengetahui dan memahami tugas-tugas dasar sebagai anggota Ansor, sehingga dalam menjalankan tugas sehari-hari bisa berjalan dengan baik dan juga sebagai langkah kaderisasi keanggotaan. Untuk menjadi Kader Ansor Langkah pertama yang harus menjadi prinsip calon kader adalah “memperbaiki niat” dan tujuan menjadi kader Ansor. Kader Ansor harus tetap konsisten meneguhkan sikap sebagai pengawal eksistensi Islam Ahl as-Sunnah wa al-Jamaah  an-Nahdliyah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut, Hasan Basri Sagala mengatakan, bangsa Indonesia di masa mendatang sangat membutuhkan sosok-sosok muda yang berjiwa tangguh dan mampu bertindak cermat dalam mengatasi persoalan yang kian kompleks. Tantangan bangsa ini pada lima tahun mendatang adalah, munculnya generasi baru, digitalisasi segala aspek kehidupan, dan tren intoleransi dan radikalisme. Sehingga Kader Ansor harus kita siapkan untuk itu, ujar Kasatkornas.

Turut Hadir mendampingi Kasatkornas, Bendahara Umum Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumatera Utara. Melalui Surat tugas yang ditandatangani langsung oleh Ketua PW GP Ansor Sumatera Utara, H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P., Ketua Adlin menugaskan Edi Harahap untuk menghadiri pelatihan yang dihelat Ranting Bakal Julu tersebut. Dalam sambutannya, dihadapan seluruh kader ansor, banser dan peserta kader, Edi menyampaikan hal Senada dengan Kasatkornas, bahwa Pelatihan Dasar ini merupakan wadah untuk menggembleng pemuda terbaik dari Desa ini, agar selalu siap menjadi pemimpin bangsa di masa depan, serta mampu menjadi benteng terakhir dalam menangkal faham radikalisme di akar rumput.

Kedatangan Kasatkornas disambut haru oleh Ketua PC GP Ansor Dairi, Kamidun Solin, S.Pd.I, M.Pd. Dalam sambutannya Kamidun menyampaikan laporan geliat Ansor dan Banser di Kabupaten Dairi dalam beberapa tahun terakhir. Kaderisasi Ansor dan Banser berjalan dengan sangat baik dan masif. Bahkan, proses kaderisasi telah meluas, yang sebelumnya dilakukan pada tingkat PAC (Kecamatan), telah menjangkau sampai ke tingkat Ranting di Kabupaten Dairi. Kaderisasi Kabanseran juga selalu digiatkan di Kabupaten Dairi, Diklatsar Banser 2 angkatan sudah dilaksanakan pada Tahun 2021, yang menamatkan sekitar 90-an Kader Banser Dairi. Kedepan, setelah beberapa kali melakukan Diklatsar Banser di Dairi, Kita akan melakukan Latihan Kebanseran Lanjutan “Kursus Banser Lanjtan“ (SUSBALAN) di Kabupaten Dairi, tegas Kamidun. “Kaderisasi terus dilakukan tanpa kenal lelah. Denyut nadi Ansor dan Banser ini salah satunya, ya kaderisasi. Dan melalui PKD, Dikatsar dan SUSBALAN nantinya kita akan mencetak pemimpin gerakan di masa depan,” tambahnya. (bung joe)

 

Baca Berita Lainnya