Kebakaran di Hutan Riau, Kabut Asap Selimuti Wilayah Labusel

Harian Medan-Sejumlah wilayah di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Selasa (19/3) diselimuti Kabut asap yang mulai terjadi di pagi hari. Akibatnya, jarak pandang masyarakat maupun pengemudi kendaraan menjadi menurun.

Salah seorang warga Kecamatan Kotapinang Parlaungan Hasibuan, kepada SIB mengatakan, kabut asap yang terjadi sejak pagi hari tersebut sangat mengganggu jarak pandang. Sehingga, pengendara yang melintas harus dengan ekstra hati-hati.

“Kalau pagi hari, sangat parah. Jarak pandang sangat pendek, sehingga mayoritas kendaraan yang melintas dari arah Bagan Batu menuju ke Kotapinang menyalakan lampu utama,”katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Labusel Khairil Harahap yang dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan informasi yang djperolehnya, kabut asap yang melanda di Kabupaten Labusel berasal dari kebakaran hutan di daerah Riau.

“Informasinya dari Riau, kemungkinan hembusan angin yang mengarah ke Kabupaten Labuhanbatu Selatan, sehingga mengakibatkan kabut di wilayah Labusel,”katanya.

Dikatakan, berdasarkan informasi dari BPBD Sumut, baru ini terdeteksi ada titik api (hotspot) di wilayah Aek Natas Kabupaten Labura.

“Baru saja dari group BPBD memang dikabarkan ada titik api di daerah Aek Natas Kabupaten Labura,”katanya.
Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan dan berlebihan yang dapat memicu terjadinya kebakaran di daerah pemukiman dan perkebunan.

“Ini masih titik awal kemarau. Sejauh ini, untuk wilayah Kabupaten Labuhanbatu selatan tidak ada terjadi kebakaran lahan. Namun demikian, tetap diimbau agar masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah berlebihan yang dapat memicu terjadinya kebakaran,” katanya. (si)

Related posts

Kebijakan Pemangkasan Struktur Birokrasi di Indonesia

KPOTI Sumut Buka Pangkotrad di Labusel, Bupati Edimin Dukung Penuh

Sadis! Anggota DPRD dari PDIP Siksa Orang Miskin Juga Cabut Kuku Korban